Menteri BUMN, Rini Soemarno, dan belasan direksi BUMN menghabiskan akhir pekannya di Banyuwangi
Menteri BUMN, Rini Soemarno didampingi Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan belasan direksi BUMN menghabiskan akhir pekannya di Banyuwangi. Usai ikut berlari di ajang sport tourism Chocolate Glenmore Run 

BANYUWANGI - Menteri BUMN, Rini Soemarno, dan belasan direksi BUMN menghabiskan akhir pekannya di Banyuwangi. Usai ikut berlari di ajang sport tourism Chocolate Glenmore Run yang menyusuri belantara perkebunan cokelat, Menteri Rini mengunjungi gerai oleh-oleh Osing Deles, Sabtu (16/2/2019).

Di toko yang menjual berbagai produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) khas Banyuwangi ini, Rini dan bos-bos BUMN memborong makanan ringan, seperti sale pisang, bolu kuwuk, dan keripik pisang. Rini juga membeli sejumlah kaus khas lokal.

Tampak hadir sejumlah direksi BUMN. Di antaranya Dirut Bank Mandiri Kartika Wirjoatmojo, Dirut PTPN III Dolly Pulungan, Dirut PT Pupuk Indonesia Aas Asikin Idat, Dirut PTPN XII Cholidi, Dirut Perhutani Denaldy Maunda, Dirut PTPN XI Gede Meivera, dan sejumlah direksi lainnya.

"Ini kemasannya bagus. Saya mau beli keripik pisang ini. Menarik packaging-nya," kata Rini.

"Kemasan ini difasilitasi Dinas Koperasi UKM lewat Rumah Kreatif UMKM. Anak-anak muda di sana membantu mendesain dan memasarkan produk UMKM," jawab Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas yang mendampingi Rini.

Tak hanya berbelanja makanan, Rini juga membeli kaos khas Osing Deles yang berada di lantai satu gerai tersebut. Rini mengaku tertarik dengan tulisan di kaos berupa permainan kata yang menggunakan bahasa lokal setempat, yaitu bahasa Osing, masyarakat asli di Banyuwangi.

“Gerai ini dulu 2013 cuma punya tiga karyawan, sekarang sudah mempekerjakan 100 karyawan seiring perkembangan wisata Banyuwangi yang terus maju juga antara lain karena dukungan BUMN,” kata Anas kepada Rini.

Anas pun mengajak Rini dan bos-bos BUMN untuk intens membikin kegiatan di Banyuwangi, baik untuk rapat kerja, gathering karyawan, customer gathering, maupun event BUMN lainnya.

“Ke Banyuwangi sudah mudah dari Jakarta karena ada penerbangan langsung. Jadi Bapak/Ibu mari bawa event-event BUMN ke Banyuwangi. Hotel-hotel berbintang sudah siap. Ballroom-nya besar,” kata Anas mempromosikan Banyuwangi disambut kata “siap” oleh sejumlah direksi BUMN.

“Dengan event-event BUMN, ekonomi lokal Banyuwangi semakin menggeliat,” imbuh Anas.

Tak puas membeli oleh-oleh, Menteri Rini langsung menuju lantai dua untuk mencicipi kelezatan kuliner khas Banyuwangi. Rini tampak memesan es kopi Banyuwangi. Sambil minum es kopi, Rini juga menikmati sejumlah camilan ringan khas Banyuwangi. (SURYA.co.id )


Post A Comment: