Menteri BUMN Rini Soemarno

Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menargetkan di tahun 2018 tidak ada lagi Perusahaan BUMN yang rugi. Dari target tersebut apa yang akan Kementerian BUMN lakukan untuk meningkatkan pendapatan BUMN?

Menteri BUMN Rini Soemarno menjelaskan banyak strategi yang akan diaplikasikan dalam program untuk membangun perusahaan BUMN agar tidak rugi, salah satunya yaitu melakukan sinergi terhadap pengangkutan logistik.

"Banyak, ya banyak yang paling utama sinergi dalam hal logistik. Sinergi pengadaan barang dan jasa sehingga kalau satu grup BUMN membutuhkan barang yang sama, (BUMN) bisa berkoordinasi sehingga yang paling baik yang mana," kata dia usai memberikan pidato dalam acara Funbike, di Kementerian BUMN, Minggu (25/3/2018).

Sebagai informasi pada semester I-2017, ada 24 BUMN yang mengalami kerugian. Meski demikian, angka tersebut lebih sedikit dari periode yang sama tahun lalu, sebanyak 27 BUMN.

Hingga akhir tahun 2017, angka perusahaan negara yang rugi terus menyusut menjadi 12 perusahaan. Dari perkembangan tersebut, Rini mengatakan di tahun 2018 tidak akan ada lagi perusahaan BUMN yang rugi.

"Targetnya 2018 nggak ada lagi yang rugi, dalam arti semua BUMN sehat, jadi kan kita harus jaga keuntungan dengan sehat, balance yang sehat insyaalah target kita 2018 nggak ada lagi yang rugi," papar dia. (Detik)

Post A Comment: